Kursus Online » Discussions


Cara Agar Mudah Diterima dalam Melamar Pekerjaan

  • April 14

    Memperoleh pekerjaan dengan cepat setelah melamar di tempat sesuai impian memang butuh usaha. Seringkali tidak semua surat lamaran kerja kita menarik bagi sebuah perusahaan, sehingga HRD akhirnya menghubungi pelamar kerja lainnya. Menurut bloger sekaligus penulis buku, Sitta Karina, agar lamaran kerja kita menarik buat perusahaan, ada langkah yang harus dipelajari.


    1. Kenali dan pelajari dulu perusahaannya


    Terkadang prinsip "kerja apa aja" membuat kita malas mempelajari perusahaan yang kita tuju. Padahal mengetahui profil perusahaan sangat membantu kita saat proses interview kerja.


    Jangan sampai kita kebingungan saat HRD tanya "apa yang kamu ketahui dan kamu ingin berikan untuk perusahaan ini. Mengetahui profil perusahaan yang kamu tuju juga berguna buat kamu dalam menyusun resume daftar riwayat hidup (cv) yang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan


    2. Surat lamaran kerja tetap utama


    Buatlah surat lamaran kerja yang serius dan terkesan tidak asal-asalan. Sampaikan kualifikasi yang kita miliki secara singkat di dalam surat tersebut. Tidak perlu bertele-tele, dan berikan alasan kenapa kita patut diterima di perusahaan tersebut serta sampaikan kontribusi apa yang bisa kita beri untuk perusahaan


    3. Kemampuan bahasa Inggris masih jadi nilai plus


    Asah kemampuan bahasa Inggrismu, karena bahasa internasional ini masih menjadi pertimbangan sebagian besar perusahaan. Kalau belum jago banget, kamu tinggal pelajari kosakata maupun percakapan penting melalui berbagai cara belajar. Youtube pun kini banyak memuat video belajar singkat bahasa Inggris.


    4. CV yang singkat dan spesifik


    Kesalahan yang sering dilakukan para pelamar kerja adalah mencantumkan riwayat pendidikan terlalu panjang bahkan mulai dari bangku SD. Padahal tingkat pendidikan SD tidak terlalu penting buat perusahaan https://41514010047.blog.mercubuana.ac.id/cara-melamar-kerja-ini-bisa-bikin-hrd-terkesan/.


    Cukup sebutkan pengalaman formal dan non-formal pada 5 tahun terakhir. Hal terpenting pada CV kita adalah pengalaman dan keterampilan tertentu sesuai dengan posisi yang kita lamar.


    5. Tampil percaya diri


    Saat dapat kesempatan interview, tampil tenang dan percaya diri akan membantu kita memperoleh penilaian yang baik dari pewawancara. Cara bersikap tenang dan percaya diri semuanya bisa dilatih. Semuanya dengan cara memperluas pergaulan, perluas wawasan, banyak berinteraksi dengan beragam orang, baca buku dan pahami trend terkini.


    6. Referensi dari perusahaan sebelumnya


    Jika memungkinkan dapatkan surat rekomendasi dari orang penting di tempat kamu bekerja sebelumnya. Pastikan kamu sudah minta izin lebih dulu kepada orang-orang ini sebelum mencantumkan nama mereka http://jpdeep.com/home.php?mod=space&uid=20759.


    7. Perhatikan jejak digital


    Jejak digital bisa mencerminkan attitude kita. Apakah ada pemberitaan buruk tentang kita di internet? Apa pandangan politik kita? Adakah riwayat percakapan tak pantas di media sosial? Semua itu bisa dilacak. Nah oleh karena itu, menggunakan internet secara bijak sangat penting untuk riwayat digital kamu.


    8. Tampilkan sisi unik sehingga kita tampil menonjol


    Kemungkinan kecil kita akan dilirik oleh HRD kalau tidak menunjukan sisi diri kita yang unik dan menarik. Kamu harus mampu tampil menonjol tanpa bersikap over-pede. Tampil menonjol bisa ditunjukan lewat attitude yang baik. Atau lewat tampilan resume kamu yang unik daripada pelamar lain.


    9. Berpakaian pantas dan sesuai posisi yang diincar


    Gak perlu pakai baju yang mahal atau gaya terkini. Hanya perlu pastikan cara berpakaian kita pantas dan rapi, juga tidak bau tak sedap. Buat kamu yang mengincar posisi manajer ke atas, berpakaian sedikit overdress lebih baik daripada tampil seadanya.


    10. Jangan ragu berdiskusi dan proaktif saat diwawancara


    Jangan hanya sekedar menjawab pertanyaan dari pewawancara, tapi bersikaplah proaktif. Tunjukan antusias mu terhadap perusahaan yang kamu lamar, dan tunjukan semangat mu atas posisi yang kamu incar daftar riwayat hidup.


    Bertanya soal update terbaru dari perusahaan tersebut juga bisa membantumu memperoleh penilaian lebih kala kamu tengah melamar pekerjaan dan dengan cepat diterima.