Kursus Online » Discussions


7 Jurusan Kuliah Paling Cocok Buat Kamu Anak IPA

  • October 22

    Kampus Swasta Terbaik di Jakarta - Masih bingung memilih jurusan kuliah IPA? Jangan galau! Yuk, simak 7 jurusan kuliah IPA terbaik, di sini!


    Tahukah kamu kalau jurusan kuliah IPA sangat banyak? Bahkan, saking banyaknya kerap membuat sebagian besar pelajar bingung harus memilih jurusan setelah lulus SMA. Kalau kamu pun mengalami hal yang sama, sebaiknya mulailah berbenah dengan mencari informasi terkait. Dengan cara ini, kamu akan memiliki waktu cukup panjang untuk mempertimbangkan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Alhasil, risiko salah memilih jurusan pun dapat diminimalisasi.


    7 Rekomendasi Jurusan Kuliah IPA Terbaik


    Nah, agar kamu tidak bingung, ada sejumlah rekomendasi jurusan kuliah yang cocok dipilih anak IPA. Apa saja? Berikut uraiannya.


    1. Teknik Informatika


    Teknik Informatika merupakan disiplin ilmu yang secara khusus menangani pengolahan data berbasis komputasi atau permasalahan transformasi. Bidang ilmu yang banyak dikaji dalam Teknik Informatika, meliputi pemograman dan komputasi, teknologi jaringan, sistem operasi, analisis nimerik, sistem cerdas, arsitektur komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software).


    Baca Juga : Tips Kampus Swasta Terbaik di Jakarta


    Kalau kamu tertarik dengan jurusan Teknik Informatika, setidaknya kamu harus memiliki sejumlah skill berikut ini:


    Logis


    Memilih jurusan Teknik Informatika artinya kamu siap untuk berhadapan dengan berbagai bahasa pemograman. Meskipun setiap bahasa pemograman berbeda, faktanya semua memiliki satu kesamaan, yakni logika. Tanpa pola pikir logis, kamu akan kesulitan untuk menguasai materi yang ada.


    Kreatif


    Kreativitas sangat dibutuhkan untuk merancang sebuah program. Ingat, Teknik Informatika tidak hanya tentang bahasa pemograman dan koding saja.


    Teliti


    Memasuki dunia programming memang sangat menantang, tetapi dibutuhkan ketelitian yang tinggi. Kemampuan ini akan membantu kamu menulis setiap huruf dan tanda baca pemograman dengan tepat.


    Tekun


    Jurusan Teknik Informatika membutuhkan orang-orang yang tidak mudah menyerah dan tekun.


    Mampu Bekerja Sama


    Suka atau tidak, kamu harus mampu beradaptasi dengan cepat dan memiliki kerja sama tim yang baik. Tanpa kemampuan ini, kamu akan kesulitan menyesuaikan diri saat menyelesaikan tugas kelompok.


    Selain syarat di atas, kamu pun harus menguasai algoritma yang menjadi dasar ilmu Teknik Informatika. Nantinya, kamu akan diarahkan untuk menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika. Tidak hanya memahami, melainkan juga menganalisis, menilai, menerapkan, dan menciptakan perangkat lunak. Tujuan dari jurusan ini adalah untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan profesional di bidang Teknologi Informasi.


    Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika


    Peluang kerja lulusan Teknik Informatika sangat luas, hampir mencakup seluruh bidang pekerjaan. Kamu bisa bekerja sebagai seorang programmer, IT audit, desain, analis sistem, guru, dosen, hingga video editing.


    2. Teknik Industri


    Kampus Swasta Terbaik di Jakarta Teknik Industri merupakan bidang keilmuan yang mempelajari cara mengelola sebuah industri atau pabrik agar dapat beroperasi secara produktif, efisien, dan efektif. Seorang mahasiswa Teknik Industri harus mampu merancang, mengatur, dan mengaplikasikan metode, mesin, material, lingkungan, sumber daya manusia, analisis keuangan, dan manajemen menjadi suatu sistem yang terintegrasi.


    Selama masa kuliah, kamu akan mempelajari banyak ilmu. Mulai dari sistem produksi, perancangan tata letak pabrik, proses manufaktur, mekanika teknik, psikologi industri, analisis biaya, hingga ERP (Enterprise Resource Planning). Maklum saja, jurusan turunan dari Teknik Mesin ini merupakan gabungan antara teknik dan manajemen.


    Kalau kamu tertarik dengan jurusan Teknik Industri, ada beberapa skill yang sebaiknya kamu miliki, antara lain:


    Teliti


    Kemampuan ini akan memudahkan kamu dalam merancang, mengendalikan produksi, dan menganalisis biaya.


    Tekun


    Jurusan Teknik Industri membutuhkan orang-orang yang pantang menyerah dan tekun.


    Baca Juga : Pertimbangan Memilih Jurusan Kuliah


    Logis


    Kemampuan berpikir logis akan membantu kamu menguasai materi dan menyelesaikan tugas kuliah dengan baik.


    Senang Berhitung


    Jika kamu sangat menyukai pelajaran matematika, maka kamu sangat cocok dengan jurusan Teknik Industri. Pasalnya, kamu akan berhadapan dengan sejumlah mata kuliah yang membutuhkan kemampuan berhitung, seperti matematika dasar, kalkulus, matriks dan ruang vektor.


    Senang Memecahkan Masalah


    Untuk menciptakan suatu sistem produksi yang efisien dan menguntungkan tidaklah mudah. Namun, hal ini tidak akan membuatmu terbebani jika kamu termasuk orang yang senang memecahkan masalah.


    Selain sejumlah syarat di atas, kamu pun harus menguasai matematika, kimia, dan fisika. Sebaiknya, kamu pun memiliki kemampuan yang baik dalam menggambar.


    Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri


    Peluang kerja lulusan Teknik Industri sangat luas dan gajinya pun di atas rata-rata. Kamu dapat bekerja sebagai seorang konsultan, engineering, HRD, peneliti, profesional dalam bidang industri, dosen, dan pengusaha.


    3. Teknologi Pangan


    Teknologi Pangan merupakan bidang keilmuan yang mempelajari dasar-dasar biologi, kimia, fisika, dan teknologi agar menghasilkan olahan bahan pangan yang bermutu tinggi. Jurusan ini tdak hanya terbatas pada pengenalan jenis makanan, melainkan seluruh aspek ilmu pangan, baik secara fisik, biologis, dan kimiawi. Nantinya, kamu pun akan belajar tentang pemilihan bahan pangan yang baik dan aman dikonsumsi.


    Cakupan bidang Teknologi Pangan sangat luas, mulai dari makanan kemasan, ikan dan daging, minuman beralkohol, roti dan kue, produk susu, hingga minuman bersoda. Selama masa kuliah, kamu akan mempelajari prinsip proses pengolahan pangan, keamanan dan sanitasi pangan, jaminan mutu pangan, dan teknologi pengalengan pangan.


    Kalau kamu tertarik dengan jurusan Teknologi Pangan, ada sejumlah sejumlah kemampuan/skill dasar yang harus kamu miliki, di antaranya:


    Teliti


    Ketelitian sangat diperlukan untuk membedakan karateristik bahan pangan, metabolisme komponen pangan, dan mengevaluasi biologis komponen pangan. Dengan kemampuan ini, kamu akan mudah menyelesaikan mata kuliah yang membutuhkan daya ketelitian tinggi.


    Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik di Jakarta


    Tekun


    Jurusan Teknologi Pangan membutuhkan orang-orang yang memiliki semangat tinggi, tidak mudah menyerah, dan tekun.


    Terstuktur


    Kalau kamu menyukai segala sesuatu yang konsisten atau terkontrol, maka kamu sangat cocok mempelajari Teknologi Pangan.


    Suka Melakukan Observasi
    Mempelajari Teknologi Pangan artinya kamu siap untuk sering terjun ke lapangan. Melakukan observasi merupakan kegiatan yang akan sering kamu lakukan.


    Dapat Bekerjasama


    Jika kamu memilih jurusan Teknologi Pangan, kamu harus memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dan dapat bekerja sama dalam tim. Pasalnya, kamu akan sering melakukan kegiatan yang berhubungan dengan banyak orang, seperti riset dan tes pasar. Dengan kemampuan ini, kamu tidak akan kesulitan mengembangkan suatu produk.


    Selain syarat di atas, kamu pun harus menguasai pelajaran kimia, fisika, dan biologi. Pasalnya, jurusan Teknologi Pangan sangat berkaitan erat dengan makhluk hidup dan hal-hal yang berhubungan dengan kimia dan fisika.


    Prospek Kerja Lulusan Teknologi Pangan


    Peluang kerja lulusan Teknologi Pangan termasuk luas. Kamu dapat bekerja sebagai seorang pengembang produk, pengendali mutu, ahli diet dan nutrisi, peneliti, ataupun profesional. Tak heran jika jurusan kuliah IPA ini sangat diminati.


    4. Teknik Mesin


    Teknik Mesin merupakan bidang keilmuan yang mempelajari perancangan mesin, proses produksi, konversi energi, manufaktur, operasional, dan manajerial pengelolaan industri. Nantinya, kamu akan belajar bagaimana melakukan konversi energi, seperti sistem termal, mesin fluida, dan motor bakar.


    Kamu pun akan dilatih untuk merancang mesin yang efisien. Tentunya, setelah kamu mempelajari cara menggambar teknik, modeling, simulasi, hingga pembuatan prototipe mesin.


    Kalau kamu tertarik dengan jurusan Teknik Mesin, setidaknya kamu harus menguasai pelajaran matematika dan fisika. Keduanya merupakan dasar dari ilmu Teknik Mesin. Selain itu, kamu pun sebaiknya memiliki sejumlah kemampuan dasar berikut ini:


    Pandai Berhitung


    Jika kamu pandai berhitung, maka kamu sangat cocok menjadi mahasiswa Teknik Mesin. Kamu akan berhadapan langsung dengan mata kuliah yang membutuhkan kemampuan berhitung, seperti fisika, kimia, aljabar, kalkulus, dan matematika teknik.


    Teliti


    Ketelitian sangat diperlukan untuk memudahkan proses pengukuran, perancangan produk, dan produksi. Dengan kemampuan ini, kamu pun akan lebih mudah membedakan struktur dan elemen mesin.


    Logis


    Dengan kemampuan berpikir logis, kamu akan cepat tanggap dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan mesin.


    Senang Memecahkan Masalah
    Mempelajari mesin memang sulit, diperlukan ketekunan dan kerja keras. Selain itu, kemampuan memecahkan masalah pun sangat penting dimiliki. Mengingat, sebagian besar mata kuliah berkaitan dengan hal-hal teknis.


    Senang Melakukan Observasi


    Mempelajari Teknik Mesin artinya kamu siap untuk terjun langsung ke lapangan, melakukan observasi, dan berbaur dengan pihak-pihak terkait. Kemampuan observasi akan membantu kamu mendapatkan informasi yang dibutuhkan selama praktikum.


    Baca Juga : Cara Berhenti Donasi Unicef


    Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin


    Peluang kerja lulusan Teknik Mesin sangatlah luas. Kamu dapat bekerja sebagai mekanik, pekerja di bidang industri, otomotif, teknisi struktural, teknisi pemeliharaan mesin, dosen, peneliti, dan konsultan mekanik.


    5. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)


    Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau yang disebut juga dengan Planologi merupakan bidang keilmuan yang mempelajari kondisi ruang, morfologi kota, struktur tanah, perpetaan, transportasi, dan desain. Nantinya, kamu akan diarahkan bagaimana cara menentukan tata guna lahan, merencanakan ruang masa kini untuk kebutuhan masa depan, mengatur aktivitas, dan sistem transportasi.


    Kalau kamu tertarik dengan jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, ada beberapa skill yang wajib kamu miliki, antara lain:


    Tekun


    Jurusan Teknologi Perencanaan Wilayah dan Kota membutuhkan orang-orang yang bersemangat, tak kenal lelah, pantang semangat, dan tekun. Ingat, ketekunan merupakan salah satu kunci kesuksesan.


    Terstruktur


    Kalau kamu tergolong sebagai orang yang terstruktur, maka kamu sangat cocok mempelajari Teknologi Perencanaan Wilayah dan Kota.


    Pandai Berhitung


    Merancang sebuah kota membutuhkan biaya. Tanpa kemampuan berhitung yang baik, kamu akan kesulitan menentukan anggaran yang tepat.


    Suka Memecahkan Masalah
    Membangun sebuah wilayah tidaklah mudah, banyak masalah yang menyertai. Misalnya, prasarana kurang memadai, pembiayaan pembangunan terbatas, dan masalah terkait lainnya. Hal ini akan menyulitkan kamu, kecuali kamu merupakan tipe orang yang suka memecahkan masalah. Adanya masalah justru membuatmu tertantang untuk menemukan solusi.


    Independen


    Kamu harus memiliki karakter independen, yakni selalu berusaha untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah. Independen pun berarti kamu bersikap netral, tidak berpihak. Hal ini sangat diperlukan, mengingat pelaksanaan pembangunan wilayah dan kota rawan penyalahgunaan.


    Prospek Kerja Lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota


    Peluang kerja lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota sangat luas sehingga kamu tidak perlu khawatir. Kamu dapat bekerja sebagai seorang planner atau di bidang konstruksi dan bangunan, pemetaan, arsitektur, dan dosen.


    6. Teknik Lingkungan


    Teknik Lingkungan merupakan bidang keilmuan yang mempelajari bidang rekayasa dan manajemen lingkungan, seperti penyaluran dan pengolahan limbah, penyediaan dan pengolahan air minum, pengelolaan sampah, dan hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan.


    Secara garis besar, tujuan dari jurusan Teknik Lingkungan adalah mencetak lulusan yang mampu mengembangkan IPTEK di bidang rekayasa, meningkatkan kualitas lingkungan hidup, dan melestarikan alam.


    Kalau kamu tertarik dengan jurusan Teknik Lingkungan, setidaknya kamu harus memiliki http://kampusswasta.brandyourself.com/ sejumlah kemampuan dasar berikut ini:


    Kritis


    Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk menganalisis gagasan secara logis dan sistematis. Mengingat, lingkungan hidup berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, diperlukan pemikiran yang terbuka dan cepat dalam mengambil keputusan.


    Berwawasan Luas


    Kamu harus memiliki wawasan yang luas dan selalu up to date mengenai isu terkini, khususnya yang berhubungan dengan lingkungan hidup dan alam sekitar.


    pandai Berhitung


    Kemampuan berhitung yang baik wajib dimiliki calon mahasiswa Teknik Lingkungan. Jika kamu pandai berhitung, kamu tidak akan kesulitan mempelajari matematika rekayasa.


    Senang Melakukan Riset


    Jurusan Teknik Lingkungan akan sering melakukan kunjungan, baik perkotaan, pedesaan, maupun hutan. Jika kamu senang meneliti, maka jurusan ini sangat cocok untukmu.


    Problem Solving


    Mempelajari lingkungan hidup tidaklah mudah. Kamu dituntut untuk dapat memecahkan permasalahan mengenai teknik penyediaan air bersih yang baik, mengatasi pencemaran tanah, hingga masalah infrastruktur dan sanitasi. Oleh karena itu, kemampuan problem solving sangat diperlukan.


    Problem Solving


    Mempelajari lingkungan hidup tidaklah mudah. Kamu dituntut untuk dapat memecahkan permasalahan mengenai teknik penyediaan air bersih yang baik, mengatasi pencemaran tanah, hingga masalah infrastruktur dan sanitasi. Oleh karena itu, kemampuan problem solving sangat diperlukan.


    Prospek Kerja Lulusan Teknik Lingkungan


    Peluang kerja lulusan Teknik Lingkungan tergolong luas karena sangat dibutuhkan. Kamu dapat bekerja di bidang pertambangan, perminyakan, petrokimian, konsultan lingkungan, ahli ekologi, petugas pengelolaan limbah, petugas konservasi lingkungan, dan ahli biologi kelautan.


    7. Teknik Sipil


    Teknik Sipil merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang perancangan, pembangunan, dan pembaruan gedung, infastruktur, dan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat. Cakupan jurusan Teknik Sipili sangat luas, kamu akan mempelajari mata kuliah, seperti dasar-dasar arsitektur, teknik pondasi, hingga manajemen konstruksi.


    Kalau kamu tertarik dengan jurusan Teknik Sipil, kamu harus menguasai sejumlah kemampuan dasar berikut ini:


    Senang Berhitung


    Teknik Sipil berkaitan erat dengan angka. Kamu harus memiliki https://www.3dbuzz.com/forum/members/517891-kampus kemampuan berhitung yang baik. Setidaknya kamu harus menguasai matematika, kimia, dan fisika. Nantinya, kamu pun akan mempelajari kalkulus, ekonomi teknik, dan menajemen konstruksi.


    Teliti


    Ketelitian sangat dibutuhkan untuk menghitung anggaran dengan cepat dan cermat. Kemampuan ini akan memudahkan kamu memprediksi biaya pembangunan secara efektif dan efisien.


    Tekun


    Jurusan Teknik Sipil membutuhkan orang-orang yang memiliki semangat tinggi, tidak mudah menyerah, dan tekun. Ketekunan akan membawamu menuju pintu kesuksesan di bidang ini.


    Problem Solving


    Kemampuan ini sangat berguna untuk menyelesaikan persoalan terkait konstruksi dan bangunan. Misalnya, bagaimana cara membuat bangunan dapat berdiri tegak, kokoh, dan tahan guncangan. Memilih jurusan Teknik Sipil artinya kamu siap dituntut untuk menemukan solusi praktikal secara cepat dan tepat sasaran. Dengan kemampuan problem solving yang baik, kamu tidak akan kesulitan mempelajari jurusan Teknik Sipil.


    Dapat Bekerjasama


    Kemampuan kerja sama tim yang baik dapat mempermudah proses penyelesaian konstruksi dan bangunan. Ingat, dalam merencanakan suatu pembangunan, kamu akan sering terjun langsung di lapangan. Dengan kemampuan ini, kamu akan lebih mudah menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait.


    Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil


    Peluang kerja lulusan Teknik Sipil sangat luas dengan rentang gaji yang tergolong tinggi. Kamu dapat bekerja di perusahaan konstruksi, properti, atau pengembang sebagai, teknisi sipil, konsultan, dan PNS.


    Baca Juga : Kampus Swasta Terbaik di Jakarta


    Demikianlah informasi mengenai jurusan kuliah IPA yang dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan. Pastikan untuk memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat kamu, ya!